LOGO UNIVERSITAS PASUNDAN

LOGO UNIVERSITAS PASUNDAN
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PASUNDAN

Minggu, 04 Desember 2011

KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR


Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Kehendak-Nya, kami dapat menyelesaikan naskah disertasi tepat pada waktunya.
            Penelitian ini berjudul “PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA BAPPEDA DI KAWASAN BANDUNG RAYA”, sebagai laporan penelitian dan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Doktor dalam Ilmu Sosial – Bidang Kajian Utama Ilmu Administrasi Publik Program Pasca Sarjana UNIVERSITAS PASUNDAN Bandung.
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa penyelesaian disertasi ini bukan semata-mata karena kemampuan penulis sendiri, melainkan atas bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, perkenankanlah penulis dengan segala kerendahan hati untuk mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat Tim Promotor : Bapak Prof. Dr. H. Tjahjo Sutisnawidjaja, MS. selaku ketua dan Bapak Prof. Dr. H. Iman Sudirman, DEA selaku anggota, yang telah memberikan arahan, petunjuk dan bimbingan kepada penulis selama penyusunan disertasi ini.
Penulis juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :
  1. Bapak Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, Msi., selaku Rektor Universitas Pasundan Bandung, yang berkenan menerima penulis untuk mengikuti Program Pendidikan Doktor (S3) di Universitas Pasundan;
  2. Bapak Prof. Dr. H. Eddy Yusuf, M.Si, selaku Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung, yang selalu mendorong penulis dalam penyelesaian penulisan disertasi ini;
  3. Bapak Prof. Dr. H. Bambang Heru. P, MS, selaku Ketua dan Bapak Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si, selaku Sekretaris Program Pasca Sarjana, BKU Ilmu Administrasi Publik yang telah membantu serta memberikan masukan dan arahan selama penyusunan disertasi ini;
  4. Bapak-Bapak Penelaah/Penguji : Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si; Prof. Dr. H. Eddy Yusuf, M.Si;   Prof. Dr. H. Bambang Heru. P. MS;  Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si;  Prof. Dr. H. Tjahjo Sutisnawidjaja, MS;  Prof. Dr. H. Iman Sudirman, DEA dan Representasi Guru Besar Luar : Prof. Dr. H. Haryono, M.Si.
  5. Bapak/Ibu Dosen dan para Guru Besar di lingkungan Universitas Pasundan Bandung yang telah memberikan pengajaran dan bimbingannya, sekaligus telah memotivasi penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan disertasi ini;
  6. Bapak dan Ibu Staf Administrasi Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung, yang telah banyak membantu memberikan fasilitas dan pelayanan administrasi, sehingga memperlancar proses penyusunan disertasi ini;
  7. Para Kepala dan Pejabat Struktural pada BAPPEDA di Provinsi Jawa Barat dan BAPPEDA Kabupaten/Kota di Kawasan Bandung Raya;
  8. Kakak-kakakku; khususnya Dr.Hc. Dra. Hj. Popong Otje Djudjunan yang selalu memberikan dorongan semangat dan motivasi untuk terus belajar dalam rangka menimba ilmu pengetahuan;
  9. Istriku yang tercinta Ati Erawati yang selalu mendoakan dan mendampingi penulis dalam suka dan duka, serta Anak-anak, mantu dan cucu-cucu tersayang, yang selalu mendorong dan memotivasi penulis, sehingga disertasi ini dapat diselesaikan sesuai dengan yang direncanakan;
  10. Rekan-rekan sejawat di Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung; yang banyak memberikan dorongan untuk terus belajar.
  11. Rekan-rekan angkatan II Program Doktor Ilmu Sosial BKU Ilmu Administrasi Publik yang  sangat terasa kebersamaan dan persaudaraannya serta semua pihak yang tak dapat penulis sebutkan satu  persatu yang telah banyak memberikan bantuan kepada penulis demi kelancaran penulisan disertasi ini.
Penulis tidak dapat membalas semua kebaikan yang telah mereka berikan, semoga segala amal kebaikannya, mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Amien.



Bandung, ....................... 2011

Penulis







DEDDY PANDJI SANTOSA

NPM.: 089213031








DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ...........................................................................  i
PERNYATAAN .............................................................................................  ii
DALIL – DALIL ............................................................................................  iii
ABSTRAK ......................................................................................................  iv
ABSTRACK .....................................................................................................  v
KATA PENGANTAR ....................................................................................  vi
DAFTAR ISI ..................................................................................................  ix
DAFTAR TABEL ...........................................................................................  xiii
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................  xv

BAB I PENDAHULUAN .............................................................................  1
1.1              Latar belakang penelitian .....................................................................  1
1.2              Rumusan Masalah ................................................................................  11
1.3              Maksud dan Tujuan .............................................................................  12
1.3.1         Maksud .................................................................................... 12
1.3.2         Tujuan ...................................................................................... 12
1.4              Kegunaan Penelitian ............................................................................ 13
1.4.1         Kegunaan Teoritis .................................................................... 13
1.4.2         Kegunaan Praktis ..................................................................... 13

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN
HIPOTESIS ......................................................................................  15
2.1              Kajian Pustaka .....................................................................................  15
2.1.1        Studi-Studi Yang Pernah Dilakukan .......................................  15
2.1.2        Tinjauan Administrasi Negara .................................................  29
2.1.3        Perumusan Kebijakan Negara ..................................................  34
2.1.4        Implementasi  Kebijakan Negara .............................................  36
2.1.5        Tinjauan Kebijakan Publik dan Implementasi Kebijakan
Publik .......................................................................................  37
2.1.5.1   Tinjauan Kebijakan Publik ...........................................  37
2.1.5.2   Tinjauan Implementasi Kebijakan Publik ....................  49
2.1.6        Konsep Implementasi ..............................................................  57
2.1.7        Model-Model Implementasi Kebijakan Negara .......................  60
A.      Model W. Hogwood dan Lewis A. Gunn ........................  60
B.       Model Van Meter dan Van Horn .....................................  61
C.       Model Mazmanian dan Sabatier .......................................  63
D.      Model Edward III ............................................................  71
2.1.8        Koordinasi Dalam Organisasi ..................................................  77
2.1.9        Efektivitas Organisasi ..............................................................  93
2.2              Kerangka Berpikir ...............................................................................  104
2.3              Hipotesis Penelitian .............................................................................  114

BAB  III OBYEK DAN METODE PENELITIAN ...................................  115
3.1              Obyek Penelitian ..................................................................................  115
3.1.1.      Gambaran Umum BAPPEDA .................................................  115
3.1.2.      Gambaran Umum BAPPEDA Provinsi Jawa Barat ................  117
3.1.3.      Gambaran Umum BAPPEDA Kota Bandung ........................  123
3.1.4.      Gambaran Umum BAPPEDA Kabupaten Bandung ...............  127
3.1.5.      Gambaran Umum BAPPEDA Kabupaten Bandung Barat .....  132
3.1.6.      Gambaran Umum BAPPEDA Kabupaten Sumedang ............  135
3.1.7.      Gambaran Umum BAPPEDA Kota Cimahi ...........................  138
3.2              Metode Penelitian ................................................................................  140
3.2.1         Populasi ...................................................................................  141
3.2.2         Operasional Variabel Penelitian ...............................................  143
3.2.3         Sumber Data ............................................................................  145
1.        Penelitian Lapangan ..........................................................  145
2.        Penelitian Kepustakaan .....................................................  146
3.2.4         Teknik Pengumpulan data .......................................................  146   3.2.4.1 Tahap Uji Coba Penelitian .................................................................................................. 146 3.2.4.2 Pengujian Data  147
1)             Uji Validitas (Test of Validity) .................................  147
2)             Uji Reliabilitas (Test of Reliability) ..........................  149
3.2.5         Teknik Analisis Data ...............................................................  151
3.2.6         Lokasi Penelitian .....................................................................  158
3.2.7         Jadwal Penelitian .....................................................................  159

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ...........................  160
4.1              Analisis Deskripsi ................................................................................  160
4.1.1       Implementasi Kebijakan ..........................................................  160
4.1.2       Koordinasi ...............................................................................  162
4.1.3       Efektivitas Organisasi ..............................................................  163
4.2              Metode Succesive Interval ..................................................................  164
4.3              Analisis Data ........................................................................................  166
4.3.1        Analisis Faktor Konfirmatori (Confirmatory Factor
Analysis) ...................................................................................  166
4.3.2        Evaluasi Data ...........................................................................  169
4.3.2.1      Pemeriksaan Normalitas .............................................  169
4.3.2.2      Pemeriksaan Outlier ...................................................  171
4.3.2.3      Pemeriksaan Multicollinearity dan Singularity............ 171
4.3.2.4      Validitas dan Reliabilitas Dimensi .............................  172
4.3.3        Pembentukan Structural Equation Modelling (SEM) ..............  175
4.3.4        Model Pengukuran ...................................................................  178
4.3.4.1      Model Pengukuran Implementasi Kebijakan .............  178
4.3.4.2      Model Pengukuran Koordinasi ..................................  179
4.3.4.3      Model Pengukuran Efektivitas Organisasi ................  180
4.3.5        Model Struktural Efektivitas Organisasi .................................  181
4.3.5.1       Hipotesis 1: Implementasi Kebijakan dan
Koordinasi, secara simultan berpengaruh terhadap
Efektivitas Organisasi ................................................  183
4.3.5.2   Hipotesis 2: Implementasi Kebijakan berhubungan
dengan Koordinasi .....................................................  183
4.3.5.3   Hipotesis 3: Implementasi Kebijakan berpengaruh
terhadap Efektivitas Organisasi .................................  184
4.3.5.4   Hipotesis 4: Koordinasi berpengaruh terhadap
Efektivitas Organisasi ................................................  185
4.4              Pembahasan Hasil Penelitian ...............................................................  186
4.4.1       Pembahasan Deskriptif  Implementasi Kebijakan dan
Koordinasi dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi ........  186
4.4.2       Pembahasan Secara Simultan Pengaruh Implementasi
Kebijakan dan Koordinasi Terhadap Efektivitas Organisasi ...  192
4.4.3       Pembahasan secara parsial Pengaruh Implementasi
Kebijakan   terhadap Efektivitas Organisasi ............................  207
1.        Dimensi Komunikasi .........................................................  208
2.        Dimensi Sumber Daya ......................................................  216
3.        Dimensi Sikap ...................................................................  224
4.        Dimensi Struktur Birokrasi ...............................................  230
4.4.4       Pembahasan secara Parsial Pengaruh Koordinasi terhadap Efektivitas Organisasi     234
1.        Penyatupaduan ..................................................................  235
2.        Keselarasan .......................................................................  238
3.        Keserasian .........................................................................  239
4.4.5       Pengaruh Variabel  Lain ( Epsilon) Terhadap Efektivitas Organisasi              241

BAB  V  KESIMPULAN DAN SARAN .....................................................  242
5.1              Kesimpulan ..........................................................................................  242
5.2              Saran ....................................................................................................  244
5.2.1         Saran Akademik ......................................................................  244
5.2.2         Saran Praktis ............................................................................  244
5.2.3         Saran Kebijakan .......................................................................  246
DAFTAR PUSTAKA                                                                          
LAMPIRAN    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar